Tuesday, May 1, 2012

Pengaruh Tingkat IQ Terhadap Penguasaan Matematika

         

Matematika adalah salah satu ilmu yang menjadi, syarat yang harus dipelajari oleh setiap siswa yang ingin melewati jenjang pendidikan dasar hingga menengah atas. Tapi kenyataan tidak semua siswa dapat memahami dan mengaplikasikan ilmu khususnya matematika yang telah dipelajari sebelumnya. Kenyataan ini sering terjadi ketika seorang guru mengajarkan materi lanjutan yang membutuhkan materi sebelumnya, masalah ini terkadang memaksakan siswa harus mengulang materi yang telah diajarkan bertahun-tahun lamanya.        

        

Pengulangan  materi, memerlukan energi yang besar, usaha yang keras dan waktu yang cukup agar siswa mampu mengejar ketertinggalan. Tentunya juga membutuhkan fasilitas yang menunjang seperi buku serta tempat untuk bertanya jika mengalami kendala dan IQ yang dimiliki siswa tersebut.

IQ atau Intellegence Quotient itu kan yang selalu jadi tolak ukur. IQ atau juga bisa disebut kecerdasan intelektual, inilah kecerdasan yang paling banyak di dengar oleh kita. IQ adalah kecerdasan yang dimiliki oleh otak manusia yang bisa melakukan beberapa kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan ini dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ.

Tinggi rendahnya IQ sangat berpengaruh terhadap kemampuan dalam menerima materi yang diberikan. Bagi siswa yang memiliki IQ rendah terkadang banyak yang berpikir masa bodoh, jika tidak dibarengi dengan motivasi yang kuat dari seorang guru. Begitu juga sebaliknya dengan guru yang belum memiliki rasa sabar dalam mendidik terkadang terkesan "membiarkan" siswanya jika telah dijelaskan berulang-ulang tetapi belum mampu memahaminya.

         Guru yang juga sebagai pendidik, seharusnya telah mengetahui tinggi dan rendahnya IQ siswanya. Hal ini membuat guru akan mampu memberikan perlakuan terhadap siswa yang berIQ rendah dan berIQ tinggi. iswa yang memiliki IQ rendah seharusnya memdapat perhatian yang lebih sehingga dia dapat sejajar dengan teman-teman yang memilki IQ tinggi.

0 comments:

Post a Comment